Selasa, 15 Desember 2015

Tips menjaga kesehatan bagi para pekerja di malam hari (begadang)

       Berkerja adalah tuntutan alami manusia untuk mencukupi kehidupan sehari harinya. Kadang dari berbagai macam pekerjaan, ada jenis pekerjaan yang dilakukan dimalam hari atau jadwal malam. Aktifitas pada malam hari lebih banyak resiko serta mudah didera sakit. berikut ini saya berbagi tips menjaga kesehatan untuk para pekerja malam.
 1. Perbanyak minum air putih.
      Air putih dapat mengganti ion ion tubuh yang terkuras saat berkerja, terutama pada malam hari yang membutuhkan konsentrasi yang lebih dikarenakan penerangan yang tidak sebaik di siang hari.
2. Kurangi kopi 
     Kopi memang dapat membantu kita untuk dapat bertahan dari kantuk pada malam hari, namun efek berkepanjangan dari kopi tidaklah baik untuk ginjal. serta kopi memacu tekanan darah. oleh karena itu tubuh dalam tekanan darah tinggi juga tidaklah baik.
3. Perbanyak minum teh
    Teh baik untuk kesehatan karena mengandung anti oksidan yang dapat meningkatkan metabolisme tanpa memacu secara berlebihan
4. Jangan minum soda
    Soda mengandung bahan yang membuat kadar oksigen dalam tubuh berkurang. hal ini menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah
5. Hindari merokok
   Sama halnya soda, rokok pun membuat kadar oksigen menurun dalam tubuh kita. sekiranya bagi beberapa orang merokok bisa membantu mereka dalam berkerja malam, bamun hal itu bukan karena faktor zat dalam rokok, melainkan aktifitas merokok itu sendiri yang membuat mereka terjaga.
6. Olahraga
   Olahraga teratur  harus dilakukan walaupun tidak perlu harus berlama lama cukuplah 15 menit untuk jogging dala sehari atau dua hari sekali.
7. Manfaatkan liburan anda sebaik mungkin
   Pada saat liburan lebih bijak untuk mementingkan beristirahat. mengganti tidur anda yang biasa pada siang hari menjadi di malam hari.
Sekian tips hidup sehat dari saya, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk anda yang membutuhkan.

"Menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati"


Lokasi: Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia