Kamis, 10 Desember 2015

Pakan Kambing Alternatif

Hi.. kajian pertama yang saya share di blog saya ni,,, Ini saya dapatkan dari babe saya,,hehehe untuk menyikapi pakan ternak dimusim kemarau panjang seperti kemarin,, terutama rumput yang gak mau nonggol di saat kemarau, ni saya bagikan
,,,

Bahan
* Air
* Pohon pisang
* Garam
* Tetes Tebu atau Air sisa pembuatan tempe atau tahu (tergantung sumber daya yang tersedia di daerah agan)
Cara pembuatan
* pertama pohon pisang yang ada disekitar rumah agan agan,, (biasanya habis ditebang diambil pisangnya) sayang dibuang membusuk bawa pulang
*kupas kulit luar pohon pisang hingga terlihat bagian yang putih,,
*potong kecil kecil dan tipis
(kata babe saya, biasanya satu pohon pisang panjang 2 meter bisa untuk 12 ekor kambing sekali pemberian makan)
*  campur potongan pohon pisang tadi dengan air, garam dan tetes tebu atau air limbah tempe /tahu
*masak dipanci besar kira kira 2 jam serta di aduk aduk hingga berbentuk seperti bubur
* diamkan sebentar sebelum disajikan kepada kambing agan agan..
Sekian dulu tips dari saya,, selamat mencoba,,,,





#jogja #kambing #pakan alternatif kambing